Translate

Kamis, 05 Februari 2015

Karakter Pemimpin

Semangat Pagi!!!!!!

Slogan yang sering didengar saat menyemangati pekerjaan. Dengan arti tetap selalu bersemangat pagi disaat bekerja dalam waktu kapan pun.

Saya saat ini baru bekerja selama 1tahun 7bulan. Mungkin untuk pengalaman saya belum terlalu banyak, namun dengan pekerjaan ini saya telah mengalami beberapa x penggantian pemimpin. Berbagai karakter, sifat, dan sikap pemimpin yang pernah ada selalu ada perbedaan. Dari sini saya merasa tertarik untuk mengupas seperti apa sih karakter pemimpin yang ideal itu???


Bayangannya...

Menjadi seorang pemimpin itu enak, bisa suruh sana suruh sini, dihormati oleh bawahan, didengar kata-katanya oleh bawahan, kalau ada yang enak dapet duluan, tapi kalau ada yang tidak enak anak buahnya disuruh maju duluan. Makanya itu banyak sekali orang-orang yang berlomba menjadi seorang pemimpin.

Tapi sebentar...jadi pemimpin itu engga gampang loh!!!

Pemimpin harus mampu mengarahkan seluruh anak buahnya dengan benar dan adil. Sebelum kita jadi pemimpin atau yang sudah menjadi pemimpin...kita share yu seperti apa sosok karakter pemimpin yang ideal.

Menurut Islam karakter pemimpin yang ideal itu erat kaitannya dengan sosok Rasulullah SAW. Beliau adalah pemimpin agama dan juga pemimpin negara. Rasulullah merupakan suri teladan bagi setiap umat manusia, termasuk para pemimpin karena dalam diri beliau hanya ada kebaikan dan terus kebaikan...

Hal tersebut sejalan dengan firman Allah dalam Al-Qur'an, yaitu :

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah". (QS Al-Ahzab : 21)

Sebagai pemimpin teladan yang menjadi sosok pemimpin yang ideal, Rasulullah dikaruniai empat sifat utama, yaitu Sidiq, Amanah, Tablig, dan Fathonah. Sidiq berarti jujur dalam perkataan dan perbuatannya, Amanah berarti dapat dipercaya dalam menjaga tanggung jawab yang telah diterimanya, Tablig berarti menyampaikan segala macam kebaikan kepada rakyatnya, anak buahnya, ataupun rekan kerjanya, dan Fathonah berarti cerdas dalam mengelola masyarakat yang dipimpinnya.

Seorang pemimpin itu harus mempunya sifat rendah hati dan mempunyai hati yang legowo, tidak meminta perlakuan istimewa dari bawahannya dan siap untuk menerima kritik yang membangun, karena pada dasarnya pemimpin adalah pelayan masyarakat. Selain itu pemimpin juga harus mempunyai komitmen kuat untuk berjuang, bukan sekedar hanya mencari popularitas atau bekerja untuk mencari pangan, tetapi berjuang dengan sepenuh hati untuk menciptakan kesejahteraan bagi orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin juga harus bisa demokratis, dalam artian dapat mengambil keputusan dan menentukan kebijakan atas kepentingan bersama dengan adil.

Nah...mungkin cukup sekian yang bisa saya share mengenai karakter kepemimpinan yang ideal.

Ayo persiapkan diri nih buat semua sahabat para calon pemimpin!!!!
Pemimpin yang ideal akan mempunyai bawahan yang sukses..:))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar