Translate

Rabu, 25 Februari 2015

Tips Menumbuhkan Motivasi Dalam Diri

Dalam setiap kehidupan manusia akan menghadapi masalah dan keberhasilan yang diraih. Namun dalam bentuk apa dan seperti apa akan berbeda-beda, cara untuk mengatasinya pun pasti berbeda-beda. Langkahkan kaki untuk terus meraih mimpi dan cita-cita anda. Wujudkan apa yang memang ingin anda dapatkan, dan jangan pernah berhenti untuk terus berlari mengejarnya...!!!


Untuk meraih mimpi anda harus memiliki motivasi dalam diri anda. Tidak dapat dipungkiri jika diri kita cukup sulit untuk membangun motivasi. Bahkan mungkin diri sendiri tidak tahu pasti bagaimana cara membangun motivasi dalam diri sendiri. Padahal sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut. Tips-tips untuk menumbuhkan motivasi dalam diri anda bisa dicoba dengan beberapa cara nih..kita intip langsung yu caranya untuk membantu anda membangun motivasi :

1.        Ciptakan Sensasi
Ciptakan sesuatu yang dapat “membangun” dan “membangkitkan” gairah anda saat pagi menjelang. Misalnya, anda berpikir esok hari harus mendapatkan keuntungan 1 Milyar. Walau kedengarannya mustahil, merasa tidak mungkin terjadi, tetapi sensasi ini terkadang memacu semangat anda untuk berkarya lebih baik lagi melebihi apa yang sudah anda lakukan di hari kemaren.
2.        Kembangkan Tujuan
Jangan pernah hidup terpaku pada “Satu” tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat diri anda tidak memiliki kekuatan yang lebih. Padahal untuk meraih sesuatu anda memerlukan tantangan yang lebih besar untuk mengerahkan kekuatan yang sebenarnya anda miliki. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup anda.
3.        Ingat Pada Kematian
Anda perlu untuk memikirkan saat kematian datang meskipun gejala ke arah tersebut sangat tidak dapat diprediksikan. Bayangkan saat-saat terakhir dalam hidup ini sesungguhnya merupakan saat-saat yang sangat sensasional. Anda dapat membayangkan “flash back” dalam kehidupan anda. Sejak memulai kehidupan pada masa kanak-kanak, remaja, hingga tampil sebagai sosok pribadi  yang dewasa dan mandiri. Jika anda membayangkan “Kematian” anda sudah dekat, anda akan termotivasi untuk berbuat lebih banyak lagi agar hidup anda tidak menjadi sia-sia dan tidak menghasilkan apa yang membuat orang-orang yang anda sayangi bahagia.
4.        Memilih Teman
Dalam kehidupan ini anda tetap perlu untuk “memilih” siapa yang pantas menjadi “teman” anda, bukan berarti anda sombong karena pilih-pilih teman. Teman adalah salah satu motivasi hidup anda. Jangan merasa ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong anda mencapai tujuan. Jadi, siapapun teman anda seharusnya mampu membawa anda pada perubahan yang lebih baik. Ketahuilah bahwa bergaul atau berteman dengan orang-orang yang optimis akan membuat anda berpikir optimis pula. Bersama mereka hidup anda terasa lebih menyenangkan dan penuh motivasi.
5.        Hadapi Rasa Takut
Disaat anda sedang dibayang-bayangi kecemasan dan ketakutan, jangan pernah anda melarikan diri dari bayangan tersebut. Misalnya selama ini anda merasa takut akan menghadapi masa depan yang buruk. Hadapilah dan nikmati rasa takut anda dengan mencoba mengatasinya. Saat anda berhasil mengatasi rasa takut, saat itu pula anda telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa anda memang mampu mencapai hidup yang lebih baik dari saat ini.
6.        Ucapkan “Selamat Datang” Pada Masalah
Jalan untuk mencapai tujuan tidak selamanya terus lurus semulus jalan tol. Suatu saat dalam perjalanan anda akan menghadapi jalanan yang terjal, menanjak, menurun, dan penuh bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara yang terbaik untuk anda bisa melewati jalanan tersebut. Jika anda memandang masalah sebagai sesuatu yang menakutkan, anda akan semakin sulit termotivasi. Sebaliknya bila anda selalu siap menghadapi setiap masalah, anda seakan-akan memiliki energi dan semangat berlebih untuk mencapai tujuan anda.
7.        Memulai Dengan Rasa Senang
Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup anda. Coba nikmati hidup dan jalan yang anda tempuh. Jika sejak awal anda sudah merasa “tidak suka” rasanya motivasi hidup tidak akan pernah anda miliki. Jadi awali semua yang anda lakukan dengan rasa senang, menyukai apa yang sedang dilakukan, dan berpikir positif bahwa yang anda lakukan akan ada hasilnya. Ini akan membantu anda memberikan resonansi yang positif pada kehidupan anda.
8.        Berlatih Dengan Keras
Tidak bisa tidak, anda “harus berlatih” terus apabila anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat anda raih jika anda terus berusaha keras. Semakin giat berlatih, semakin mudah pula mengatasi kesulitan yang anda hadapi. Coba terus meskipun anda telah merasa lelah, karena semua pasti ada hasilnya yang terbaik. ^-^

Nah...itulah beberapa tips untuk membangun motivasi yang bisa anda lakukan dalam menjalani kehidupan anda. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk membantu anda...

Ayo sahabat-sahabat ku...teruslah bangun motivasi dalam diri, jangan pernah untuk terus mencoba!!!
Keep Fighting...!!!!:-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar